Bantuan 160 Juta Dolar untuk Dunia Pendidikan Indonesia

Blogger Indonesia Dukung Internet Aman, Sehat & Manfaat sebar berita,
Ada berita gembira untuk dunia pendidikan Indonesia. Berita gembira ini datangnya dari Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Cameron R Hume. Baru-baru ini beliau menegaskan bahwa negaranya (Amerika) siap membantu pengembangan pendidikan di Indonesia dengan dana sebesar 160 juta dolar AS. Menurutnya, dukungan itu sudah ditandatangani Presiden Obama dengan Presiden Yudhoyono ketika pertemuan di Kanada pada beberapa minggu lalu. Intinya, Komisi Bersama Indonesia-AS itulah yang akan memformalkan bentuk kegiatannya, namun prinsipnya bentuknya bergantung apa yang diminta pemerintah Indonesia.

Meski demikian, kerja sama pendidikan sebenarnya sudah berjalan antara Indonesia-AS, di antaranya program pengajaran oleh 20 guru Bahasa Inggris dari AS pada sejumlah sekolah di Jatim dan daerah lain di Indonesia seperti Universitas Hasanuddin (Unhas) di Makassar yang meminta kerja sama pendidikan maritim biologi dengan universitas di Los Angeles, AS.

Bentuk lain yang sudah berjalan adalah beasiswa Fulbright untuk mahasiswa Indonesia yang belajar di AS. Sedangkan bentuk kerjasama yang baru-baru ini dijalankan adalah kedatangan kapal AS untuk eksplorasi laut yakni Okeanos Explorer atas undangan pemerintah Indonesia dan sekarang berada di Perairan Sulawesi Utara untuk kerja sama penelitian.

Tim kerja sama penelitian bawah laut Indonesia-AS itu telah menghasilkan gambar-gambar bawah laut yang sangat menakjubkan dan dapat ditelusuri lewat internet.

Peringatan Hari Kemerdekaan AS yang dihadiri sejumlah pejabat di Jawa Timur ini ditandai dengan “toast” para hadirin, kemudian mendengarkan pidato Dubes AS untuk Indonesia, serta hiburan musik dari staf Konjen AS di Surabaya.
-----------------------------------
Refferensi : Surya.co.id - AS Bantu Pendidikan Indonesia 160 Juta Dolar
LihatTutupKomentar
Cancel

Berikan Komentar yang Membangun, SPAM dan sejenisnya Tidak Diterima