Anak SMP Menciptakan Antivirus Terbaik

Anak SMP Menciptakan Antivirus Terbaik
Siapa yang bilang Anak SMP tidak memiliki prestasi gemilang? Apakah anda pernah mendengar Blue Atom Antivirus? Hmmm… bagi Anda yang sering mengunjungi situs softpedia.com untuk mencari berbagai antivirus tentu mengenal dengan Blue Atom Antivirus. Namun apakah anda tahu siapa sebenarnya pencipta antivirus berukuran 2,5 MB yang mampu menjaring sekitar 4.000 virus dalam dan luar negeri itu? Dialah Alvin Leonardo (14) seorang Anak SMP yang ketika dia menciptakan anti virus ini masih tercatat sebagai siswa kelas IX E SMP Katolik Stella Maris, Surabaya. Hebatnya lagi, karya arek Suroboyo ini secara resmi telah mendapat garansi 100 persen clean oleh softpedia pada 19 Oktober 2009. Wah, hebat juga ya Anak SMP ini.

Alvin, meski menjadi salah satu penghuni kelas unggulan di sekolah, Alvin adalah sosok Anak SMP bersahaja. Anak SMP yang satu ini tidak terlihat istimewa. Rambut pendek dan badan sedikit kurus. Tapi, ia memang lebih menguasai pemrogaman komputer dibanding rekan-rekannya.

Prestasi Anak SMP
Anak SMP yang bernama lengkap Alvin Leonardo ini sebenarnya mulai rajin mengotak-atik program komputer kurang lebih selama tiga tahun. Saat itu, dia baru saja duduk di bangku SMP (sekaligus menyandang predikat sebagai Anak SMP) dan untuk pertama kali memegang komputer. Menurut pengakuan, awalnya dia hanya lebih menyukai main game. Tapi, rasa ingin tahunya berkembang ketika melihat program visual basic dalam hard disk computer yang dipakainya.

“Waktu itu saya penasaran, program itu untuk apa? Cara kerjanya bagaimana? Lalu saya otak-atik sampai akhirnya tahu,” ujarnya. Kemampuan Alvin mengotak-atik program komputer didapat secara otodidak. Ia tidak pernah mengikuti kursus komputer atau mendapat bimbingan khusus di bidang pemrograman.

Hanya dalam kurun waktu sekitar dua tahun, Anak SMP yang merupakan putra dari pasangan Muliani Tedjakusuma dan Surya Mutiara itu sudah menguasai bahasa pemrogaman visual basic, c#, dan asmbler (ASMX 86). Kemampuan menguasai tiga jenis bahasa pemrogaman itulah yang mengantar Alvin membuat antivirus.

Karya Anak SMP itu lahir dari keluhan orang-orang di sekitar. “Banyak saudara dan teman jengkel karena komputer atau flash disk diganggu virus. Saya lihat sistem kerja antivirus itu gampang, jadi saya buat sendiri,” ungkap anak tunggal itu.

Antivirus Terbaik Karya Anak SMP
Alvin berhasil menyelesaikan proyek antivirusnya pada September 2009. Semula ia menamakan karyanya dengan nama Fire Antivirus. Tapi, karena nama itu sudah pernah ada, ia lalu mengubah dan memberi nama karyanya Blue Atom Antivirus. “Biru itu melambangakan ketenangan dan atom merupakan bagian terkecil dari semua benda, itu melambangkan antivirus saya yang kapasitasnya cukup kecil,” papar Anak SMP ini dimana ia langsung mendaftarakan karyanya ke softpedia secara online. “Saya sempat kesulitan mendaftar, karena harus mencari website yang bisa menjadi pengantar untuk masuk ke softpedia, karena saya tidak punya server sendiri. Tapi, akhirnya bisa menggunakan sourceforge,” terang Alvin.

Selain berkapasitas kecil dan bisa menyeleksi lebih banyak virus, Blue Atom Antivirus karya Anak SMP dari Surabaya ini diklaim bisa bekerja dalam waktu singkat. Antivirus ini bisa digunakan untuk komputer dengan spesifikasi sederhana sekalipun.

Tidak puas dengan karya antivirus yang sudah mendapat sertifikasi dari softpedia. Alvin, seorang Anak SMP ini pun terus mengembangkan karyanya. Hasilnya, dalam waktu singkat ia sudah me-launching pengembangan antivirus Blue Atom karyanya dengan tambahan beberapa keunggulan. Versi baru Blue Atom Antivirus kini dilengkapi karantina, clean, fitur antivirus untuk game yang disebut game mode dan fitur protective flashdisk.

Pengembangan antivirus Blue Atom kembali didaftarkan Alvin ke Softpedia, Kamis (15/10/2009). Ia berharap versi baru Blue Atom Antivirus bisa kembali mendapat lisensi dari Softpedia beberapa hari ke depan. “Kalau dapat lisensi lagi itu bisa menjadi hadiah ulang tahun,” harap Anak SMP yang tinggal di Jl. Muria Surabaya itu.

Pakar IT yang juga dekan FTIF ITS Prof. Drs. Ec. Ir. Riyanarto Sarno MSc. PhD. menyatakan, bahasa pemrograman komputer tidak mudah dikuasai siswa, apalagi seorang Anak SMP.

“Kalau memang dia (Alvin) bisa menguasai bahasa pemrograman, berarti dia termasuk anak yang serius belajar, hebat dia,” puji Ryan.

Anak SMP Menciptakan Antivirus Terbaik
Terkait antivirus buatan Alvin, Ryan hanya mengingatkan bahwa sistem kerja antivirus adalah kemampuan untuk melihat sesuatu yang tidak wajar dalam kerja komputer. Antivirus berfungsi untuk mendeteksi hal yang tak wajar itu untuk kemudian mengendalikannya. Karenanya, pembuat antivirus dituntut untuk terus mengupdate, supaya tetap bisa berfungsi baik jika sudah ditemukan virus-virus baru.

“Anak-anak seperti dia perlu diperhatikan. Untuk meningkatkan kemampuan, dia bisa diikutkan lomba-lomba pemrograman,” tambah Ryan. Lebih lanjut, ia berharap potensi seperti Alvin bisa dibina untuk menjadi hacker ‘ilmu putih’ untuk menyosialisasikan fungsi penguasaan program komputer dan IT untuk membantu mencari solusi bagi segala keperluan.

Terima kasih Alvin, walaupun kamu masih seorang Anak SMP namun apa yang telah kamu capai dan ciptakan telah mengharumkan nama Indonesia. Teruslah berkarya Alvin dan Anak SMP Indonesia seluruhnya.

Source: http://www.forumkami.com/forum/komputer/22921-antivirus-terbaik-karya-anak-smp.html
LihatTutupKomentar

12 Komentar

Cancel

Berikan Komentar yang Membangun, SPAM dan sejenisnya Tidak Diterima