Sudah Saatnya Membaca Buku Lewat E-Book

Teknologi pada kenyataannya begitu pesat berkembang. Segala sesuatu yang sebelumnya sulit bahkan mustahil di lakukan menjadi sangat mudah dilakukan. Singkat kata, teknologi zaman ini benar-benar merubah peradaban dunia dari mustahil menjadi mungkin. Namun dengan perkembangannya yang pesat, kita sebagai manusia tentunya harus pintar memilih. Jangan terjebak dan jangan pernah mabuk dengan teknologi yang serba canggih ini. Salah satu contoh perkembangan teknologi dari mustahil menjadi mungkin bahkan bisa yang saat ini mulai dilirik adalah E-book.

Apa Itu E-book?
E-book alias Buku-e (singkatan dari buku elektronik) atau buku digital adalah versi elektronik dari buku. Jika buku pada umumnya terdiri dari kumpulan kertas yang dapat berisikan teks atau gambar, maka buku-e berisikan informasi digital yang juga dapat berwujud teks atau gambar. Dewasa ini buku-e diminati karena ukurannya yang kecil bila dibandingkan dengan buku, dan juga umumnya memiliki fitur pencarian, sehingga kata-kata dalam buku-e dapat dengan cepat dicari dan ditemukan. Terdapat berbagai format buku-e yang populer, antara lain adalah teks polos, pdf, jpeg, lit dan html. Masing-masing format memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, dan juga bergantung dari alat yang digunakan untuk membaca buku-e tersebut. (source wikipedia - Buku-e)

Nah, perkembangan teknologi membuat kegiatan membaca kini tak lagi identik dengan buku tebal. Perlahan namun pasti, buku digital atau e-book makin mudah ditemukan dan diakrabi oleh para pecinta buku.

Di barat, e-book sudah sangat populer dan mudah ditemukan di Amazon.com dan Apple Store.  Di Indonesia? Ada papataka.com. Belum pernah dengar? Inilah toko buku digital pertama di Indonesia. Papataka.com merupakan satu-satunya e-book store pertama di Indonesia yang memperhatikan sisi hak cipta atau yang disebut dengan Digital Rights Management (DRM).

"Kita memiliki lebih dari 100.000 judul hasil kerja sama dengan lebih dari 600 penerbit di seluruh dunia yang semuanya memiliki otorisasi DRM," ujar pemilik Papataka.com, An Kaliman, Minggu (4/7), di Jakarta.

Mulai dari fiksi, non-fiksi, hingga buku teks kuliah seperti terbitan McGraw-Hill yang yang harganya sering kali jutaan rupiah juga tersedia disini. "Buku gratis juga bisa didownload di Papataka.com. Itu khusus untuk buku yang DRM-nya sudah kadaluarsa," ucap An saat ditemui di Pesta Buku Jakarta 2010.

Namun, katalog yang ada baru mencakup buku-buku impor dengan harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan membeli buku di toko buku biasa. "Harga e-book impor kita lebih murah 20 persen dari buku asli, dan pembayaran dilakukan dengan rupiah," ungkap An.

Untuk mendapatkan e-book yang tersedia di Papataka.com, An Kaliman menjelaskan calon pembeli harus terlebih dahulu memiliki Adobe Id dan Adobe Digital Edition. Setelah itu, langsung masuk ke halaman Papataka.com dan memilih e-book yang diinginkan dalam format pdf atau epub. Lalu, klik download dan lakukan transaksi pembayaran dengan pilihan transfer atau kartu kredit.

Akan tetapi, bagi Anda yang tertarik dan berencana membaca e-book Papataka.com dari eReader, Anda perlu memperhatikan hardware mana yang mendukung sistem e-book dari toko tersebut.

Saat ini, eReader yang mendukung Papataka.com yakni iRiver dan Cybook yang merupakan buatan Cina, serta Sony PRS-500. iRiver dan Cybook tersebut dijual oleh Papataka.com. iRiver ditawarkan dengan harga 2,95 juta rupiah dan Skybook 2,3 juta rupiah.

"Ke depannya kita sedang menyiapkan aplikasi yang membuat e-book dari Papataka.com juga bisa dibaca di iPad, Kindle, Blackberry, dan Android," ujar An Kaliman.

Adapun, kecepatan dan kemudahan dalam mendapatkan e-book ini merupakan satu keuntungan e-book. Selain itu, An menerangkan, "Cara download e-book tersebut juga memudahkan orang jadi bisa punya koleksi buku banyak yang ditaruh dalam satu tempat," katanya.(Source: Sriwijaya Post, Saatnya Membaca Buku Lewat E-book)

***
Dukung Kontes SEO Keren dan Berguna : Blogger Indonesia Dukung Internet Aman, Sehat & Manfaat

0 comments:

Posting Komentar

Berikan Komentar yang Membangun, SPAM dan sejenisnya Tidak Diterima