LKF Mitra Tiara, Investasi Bodong?

Akhir-akhir ini saya sering mendengar keluh kesah beberapa sanak kerabat terkait dengan investasi bodong. Mereka mengaku tertipu. Alhasil nasib uang yang mereka investasikan tidak jelas keberadaannya. Setelah saya telusuri denga membaca informasi yang beredar, ternyata memang benar adanya keluh kesah beberapa kerabat saya tadi.

Adalah sebuah "badan usaha" yang belum lama berdiri. Namanya Lembaga Kredit Finansial Mitra Tiara atau biasa disingkat LKF Mitra Tiara. Lembaga ini berdiri dan beroperasi di tanah kelahiran saya, Larantuka - Flores Timur - NTT (Nusa Tenggara Timur). Lembaga ini dalam sekejap menjadi bahan obrolan masyarakat di sekitar kabupaten Flores Timur dan sekitarnya. Saya bisa menyebut kehadiran lembaga ini merupakan sebuah fenomena, karena dalam waktu yang tidak terlalu lama, banyak rakyat Flores Timur dan sekitarnya menggandrunginya. Apa sebab??

Berdasarkan informasi yang disampaikan oleh beberapa kerabat yang saat ini sedang galau dan juga dari informasi yang beredar di ranah internet, LKF Mitra Tiara sebenarnya merupakan sebuah lembaga/usaha yang memberikan kesempatan kepada para pemilik modal untuk menyimpan uanganya dengan bunga deposito sebesar 10 persen per bulan. Menggiurkan memang. Alhasil, dengan iming-iming bunga 10% perbulan inilah banyak tokoh masyarakat dan juga rakyat kecil yang menginvestasikan uangnya di LKF ini.
LKF Mitra Tiara, Investasi Bodong?
gambar dari http://www.floresbangkit.com

Sekali lagi bunga 10% memang menggiurkan. Karena jika anda menabung di LKF Mitra Tiara uang sebesar Rp. 50 juta saja, maka anda berhak mendapatkan bunga sebesar Rp.5 juta setiap bulan. Anda hanya butuh waktu sepuluh bulan untuk mengembalikan modal anda. Menggirukan bukan?

Memang menggiurkan. Tapi ada beberapa keanehan yang jarang orang perhatikan. Keanehan pertamanya adalah bunga 10% tadi. Bunga yang diberikan LKF Mitra Tiara ini melebihi bunga Rata-rata Bank yang ada di Indonesia. Bank-bank besar di Indonesia saja tidak berani memberikan bunga sebesar ini. Kalau ada tolong beritahu saya.

Mengingat hal di atas, kebijakan LKF Mitra Tiara yang memberikan bunga sebesar 10% setiap bulan sungguh aneh. Dari mana dia memperoleh dana untuk membayar bunga tabungan para nasabahnya?

Keanehan kedua adalah tidak diperbolehkan adanya kredit oleh para nasabahnya. Meskipun namanya Lembaga Kredit Finansial, namun badan usaha Mitra Tiara ini tidak mengijinkan para nasabahnya melakukan kredit. Hal ini patut dicurigai.

Kurangnya informasi mengena Lembaga ini bisa dijadikan keanehan ketiga. Masyarakat yang menjadi nasabahnya kemungkinan besar hanya "ikut arus" menjadi nasabahnya karena terpukau dengan bunga 10% tadi. Sementara informasi yang jelas misalnya seperti ijin usaha dan lain-lain jarang ada yang mengetahuinya.

LKF Mitra Tiara, Investasi Bodong?
Nah.. setelah sekian tahun berkiprah di bumi Lamaholot, Larantuka Flores Timur, menurut banyak pengamat, kekisruhan mengenai lembaga ini mulai terdengar. Terhitung sejak bulan September - Oktober 2013 lembaga ini tidak lagi melayani para nasabahnya baik untuk menabung maupun sebaliknya, menarik bunga. Dalam beberapa hari belakangan, ratusan nasabah dari berbagai pelosok Flores Timur berdatangan. Membanjiri halaman kantor LKF Mitra Tiara yang beralamat di Kelurahan Amagarapati, Larantuka menunggu informasi yang jelas mengenai nasib uang mereka.
LKF Mitra Tiara, Investasi Bodong?
gambar dari http://www.floresbangkit.com

Akhir kata, semoga kisah ini tidak sama persis dengan yang sudah-sudah. Tidak dibawa lari uang-uang rakyat kecil tersebut.

Refferensi : www.floresbangkit.com, catatanlepasnick.blogspot.com

0 comments:

Posting Komentar

Berikan Komentar yang Membangun, SPAM dan sejenisnya Tidak Diterima